Sebuah Karya Sebuah Harapan

By 1:02 PM


Setuju sekali dengan yang bikin gambar ini, sebuah kopi dengan modal tidak sampai ratusan ribu, buatnya cukup beberapa menit, dan hanya sekali dinikmati walaupun harganya 30 ribuan di kafe-kafe (harga tahun 2015) atau terkadang lebih, orang berbondong bondong untuk membelinya.

Sedangkan untuk sebuah lagu yang harganya mungkin kalo bentuk fisik 35-75 ribu lah, tapi kan sekarang ada iTunes yang bisa otomatis potong pulsa, harganya tidak sampai 10 ribu, bahkan rata-rata satu lagu sekitar 5ribu banyak yang memilih untuk download saja.

Padahal untuk membuat sebuah lagu itu membutuhkan dana yang tidak sedikit, banyak biaya yang dikeluarkan untuk sewa studio rekaman, peralatannya, dan memerlukan waktu lama untuk latihan, mencari ide, dan sebuah lagu yang keren dan bagus akan bisa dinikmati berulang-ulang bahkan ada lagu yang mampu bertahan sampai beberapa dekade, menjadi lagu legenda, dikenang masa.

Terkadang saya sendiri heran melihat orang mampu beli iPhones, punya mobil tapi begitu lihat playlist lagunya ada credit title free mp3 downloads, apa susahnya sih membeli karya mereka daripada download gratisan, padahal setiap pembelian itu merupakan penghargaan bagi musisinya.

Atau mungkin harus merubah cara jualan sebuah lagu agar dibeli para penikmatnya, mungkin penyedia jasa layanan saat ini masih belum dapat mengajak untuk membeli sebuah karya, atau mindset kita yang belum sadar untuk membeli karya.

Padahal kalau kita membeli sebuah karya lagu musisi, mereka dapat penghasilan dari karyanya, semakin banyak yang beli semakin tercukupi kehidupan mereka, siapa tahu mereka lebih bersemangat lagi dalam membuat sebuah karya tanpa harus berpikir uang dan lagu ini laku atau tidak jika para musisi ini mendapatkan penghasilan yang cukup dari karya mereka.

Saatnya kita rubah mindset kita, suka sama lagunya maka wajib membeli lagunya, gak usah ngajak orang lain untuk stop bajakan, tapi kita mulai dari diri sendiri, dan tunjukkan pada mereka bahwa membeli sebuah karya original itu enak, dengerinnya juga gak merasa terbebani dosa, selagi menikmati kita juga bisa berharap musisi ini akan menghasilkan karya yang bagus berikutnya.

You Might Also Like

0 comments