Bromo Adventure

By 4:50 PM


yuuhuuu..... lama gak posting nih... oke kali ini aku mau posting tentang perjalanan ke gunung bromo, siapa yang belum tahu bromo..? bromo merupakan gunung aktif yang berada di daerah jawa timur untuk info lebih lanjut tentang bromo mungkin bisa dicari di google atau wikipedia atau nih saya kasih linknya di wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Bromo

sebenernya walaupun saya tinggal di daerah surabaya yang kebetulan lebih dekat daripada yang dijakarta saya hanya pernah sekali waktu ada acara sekolah semacama diklat, itupun hanya sekedar melihat sunrise.

dikarenakan ada saudara yang jauh-jauh dari jakarta dan ingin pergi ke bromo, malam itu juga saya beserta saudara saya meluncur ke bromo dengan dua mobil, jika kita membawa kendaraan semacam mobil dari surabaya bisa ditempuh sekitar 3 jam, dari surabaya kita menuju arah gempol, kemudian dari gempol ini bisa lewat pasuruan atau lewat pandaan, tapi saya lebih memilih lewat pasuruan arah ke probolinggo, terus saja hingga sampai perbatasan probolinggo akan ada arah panah belok ke kanan untuk ke gunung bromo atau wisata madakalipura.

berangkat jam setengah 10, jam setengah 1 dini hari kita sudah sampai di kaki gunung bromo atau setelah ada arah panah kita belok kanan kemudian istirahat sejenak, setelah itu baru kita mulai menanjak ke atas, jalan disini berliku dan tajam harus berhati-hati dan memiliki kemampuan menyetir yang baik, kemudian jangan lupa untuk mengecek kelayakan kendaraan anda, setelah itu kita sampai di pintu masuk, dahulu waktu saya pertama kesini tidak ada pintu masuk dan orang bebas untuk masuk, tapi sekarang khusus mobil dilarang masuk, diharuskan untuk oper dan menyewa jeep atau yang biasa disebut hardtop, tapi memang medan untuk keatas cukup menanjak, dan sayang sekali jika harus membawa kendaraan pribadi, karena harus menempuh medan yang sangat berat.

di bromo sendiri kebanyakan penduduknya adalah beragama hindu, mereka juga mempunyai acara adat sesajen untuk bromo atau yang biasa disebut event Kasodo event ini biasanya diadakan setahun sekali setiap bulan oktober, harga untuk sewa sebuah hardtop adalah Rp 350.000 untuk 6 orang, rutenya adalah melihat sunrise dan ke padang pasir.

sampai di tempat sunrise kita masih diharuskan mendaki sekitar 3 kilometer ke atas, bagi yang tidak kuat bisa menyewa kuda, tapi tetap saja sampai di pendakian tangga kita tetap harus mendaki, sampai diatas kita bisa istirahat dan melihat sunrise yang indah, sambil menunggu kita bisa sholat subuh sejenak kemudian menghangatkan diri dengan makan mie instan dan minum segelas susu coklat hangat.

setelah melihat sunrise kemudian kita lanjut ke padang pasir... diman tempatnya luaasss sekali penuh dengan pasir... nah disini kita bisa naik lagi keatas dan melihat kawah, pokoknya kalo ke bromo siapkan fisikmu, kalo gak kuat siapkan uangmu buat naik kuda saja biar gak capek, jika ingin lanjut ke savanah tinggal tambah Rp 150.000 bayar ke sewa jeepnya.

sekian petualangan saya di gunung bromo.

You Might Also Like

0 comments